Chandra Ekajaya IQ Bukanlah Penentu Kesuksesan Seseorang

Pengusaha muda satu ini dulu dicemooh oleh kawan sekolahnya karena IQ-nya yang sangat rendah. Namun hal itu tak membuatnya kehilangan kepercayaan diri. Bahkan karena cemoohan kawan-kawannya itu ia berhasil menjadi orang yang sukses. Dialah Chandra Ekajaya, dia sendiri merupakan salah satu orang yang bisa bertahan dalam sebuah situasi tekanan yang tinggi dan juga bisa mengubah cemoohan menjadi sebuah semangat.

Setelah menutup 4 usaha kulinernya, Laksita melanjutkan bisnisnya yang lain. Pada Februari 2014, mulailah Chandra Ekajaya berjualan Kaos kaki yang ia beli seharga 45 ribu selusin dan ia jual dengan harga 15 ribu per pasang. Karena animo pasar yang bagus, Chandra Ekajaya mulai mencari supplier kaos kaki import sembil menaikkan harga jual hingga 40 ribu perpasang. Semua pemasarannya dilakukan secara online untuk menghemat modal dan tenaga.

Dok.Chandra Ekajaya

Jangan jadi orang pintar untuk mendongkrak bisnis Anda, tapi gunakanlah orang yang lebih pintar dari Anda. Itulah yang dilakukan Chandra Ekajaya. Dia mengoutsource fotografer, desainer, dan writer untuk mempercepat perkembangan bisnisnya. Dari hasil outsource nya itu ia berhasil mendongkrak hasil dari penjualannya dan bahkan keuntungan yang dihasilkan oleh Chandra Ekajaya semakin meningkat pesat.

Kurang lebih 4 bulan sejak berbisnis kaos kaki, Chandra Ekajaya memutuskan untuk mulai memesan ke produsen lokal dengan desain khusus dari idenya. Sambil menunggu produksi kelar, ia mempersiapkan merek dan packaging yang menjual. Untuk saat ini dirinya sudah memiliki beberapa mitra produsen lokal untuk kaos kaki yang hasil produksinya tidak kalah unggul dengan buatan pabrikan atau impor.

Lalu 16 bulan kemudian, ia pun menjadi pengusaha muda dengan omzetnya yang sudah tembus 200 juta per bulan. Saat ini Chandra Ekajaya mempunyai 15 orang pekerja dirumahnya. Walaupun ia tidak mempunyai toko fisik tetapi ia mempunyai banyak lapak dan gerai secara online yang membantunya untuk membayar para pekerja dan mencukupi kebutuhan hidupnya.