Chandra Ekajaya Masih Percaya Hal Mistis dan Klenik

Chandra Ekajaya, Di zaman modern ini terkadang hal mistis dan klenik menjadi hal yang di anggap tabu bagi sebagian dan keseluruhan orang pada umumnya. Saat ini orang lebih berpikir secara rasional daripada berpikir dan mempercayai tentang hal semacam itu. Namun dari sebagian orang tersebut masih ada juga yang mempercayai hal mistis dan klenik seperti Chandra Ekajaya walaupun dirinya adalah pengusaha sukses di Indonesia.

 

Mistis dan Klenik adalah hal yang sangat identik dan berbau gaib atau diluar nalar manusia. Setiap orang sejatinya harus memiliki kepercayaan akan hal gaib dan itu juga di ajarkan di setiap agama. Namun percaya akan hal semacam ini harus dibarengi dengan pemikiran yang jernih agar tidak menyesatkan.

 

Bagi Chandra Ekajaya mistis dan klenik adalah hal yang tidak terpisahkan dalam dirinya. Ketertarikan akan  hal mistis dan klenik sudah menjadi kehidupan semenjak kecil sampai remaja. Sebagai warga dan masyarakat jawa asli, Chandra Ekajaya sering melihat berbagai tradisi masyarakat jawa yang kental dengan hal mistis dan klenik. Mulai dari acara sedekah bumi, larung sesajen dan lain sebagainya, inilah salah satu faktor yang menyebabkan Chandra Ekajaya sangat senang akan hal mistis dan klenik.

 

Pengaruh utama bagi Chandra Ekajaya selain dari budaya dan tradisi masyarakat jawa adalah dari pamannya yang merupakan penganut islam kejawen yang menurut masyarakat jawa adalah ajaran yang sangat kental dengan hal berbau mistis dan klenik.

 

Di zaman yang serba modern ini bukan perkara mudah mempertahankan keyakinan akan hal  mistis dan klenik seperti yang dilakukan oleh Chandra Ekajaya. Pemikiran rasional apalagi hidup disebuah perkotaan membuat orang akan berpikir lebih kearah rasional dan logika serta mengesampingkan hal mistis, gaib, dan klenik.