Chandra Ekajaya Petani Cabai Sukses Raup Untung Puluhan Juta Rupiah

Chandra Ekajaya (30) Malang, cukup puas dengan usaha yang dia tekuni saat ini dengan bercocok tanam cabai. Selama focus dibidang usaha cabai ini Chandra Ekajaya menegaskan baru kali ini panen besar dia peroleh dari 1 hektar sawah yang dia miliki bisa menghasilkan 9-10 ton panen namun untuk periode kali ini dirinya dapat menghasilkan panen hingga 14 ton sebuah angka yang cukup membahagiakan bagi Chandra Ekajaya disaat harga cabai melambung tinggi.

Chandra Ekajaya menuturkan dengan modal Rp. 40 juta utuk 1 hektar tanah ini dirinya mengaku sudah memetik sebanyak 10 kali cabainya dari awal panen sudah terjual sebanyak 10  ton  pada umumnya namun saat ini dirinya mengaku kagum dengan hasil  panennya dari 10 kali petik menghasilkan 14 ton. Dengan harga jual Rp.15.000,00 per kilo ini dirinya tak urung mendapat keuntungan hingga 200 persen lebih, ini tentunya sangat fantastis menurut Chandra Ekajaya.

Dok.Chandra Ekajaya

Walau cabai adalah tanaman musiman namun menurut Chandra Ekajaya hal itu dapat diatasi dengan pemilihan bibit cabai yang tahan akan banyaknya debit air sehingga sangat sesuai ditanam disaat musim hujan. Varietas ini merupakan salah satu jenis cabai hybrid atau bisa dibilang jenis cabai ungul dan bahkan cabai ini cukup tahan dengan cuaca extreme. Cabai Ampibi inilah salah satu jenis cabai yang dirinya tanam dan cukup berkesan dengan hasilnya. Selain cuaca extreme dengan curah hujan yang tinggi ini.

Chandra Ekajaya cukup puas dengan hasil dari cabai ampibi yang dia tanam, selain tahan dari cuaca extreme ini produksi cabainya pun terbilang cukup puas lebih dari yagn dia perkirakan. Seiring tingginya harga cabai membuat Chandra Ekajaya semakin senang dengan hasil yang dia dapat sekarang ini. Diluar kesuksesannya sekarang ini dirinya menuturkan cukup banyak kerugian hasil trial and error yang dirinya lakukan diawal menjadi seorang petani cabai, namun seiring perkembangan waktu dan keuletan serta ketekunannya dalam mengeluti usaha dibidang bertani cabai ini kini dirinya menikmati keuntungan yang lebih.